Tutorial Basic New UI UNity 3D (pengenalan gui Terbaru pada unity 3d versi 4,6)

By Tutorial Game B.indonesia → Monday 20 April 2015
Pengenalan gui Terbaru  pada unity  3d  versi 4,6

asalamualaikum gamers gimana kabarnya  baik ,alhamdulilah kalo  baik,ok kali ini sya  mu sedikit berbagi ilmu yg  sya tau tentang Ui  pada unity 3d pada    versi 4,6 keatas ,mungkin udah pada  tau apa itu UI ( user interpace)
istilahnya  sama  juga dengan GUi(graphical user Interpace) yaitu antar muka pada sebuah game supayaterjadi  interaksi antara pengguna games (user) dengan games contohnya  seperti menu  awal  tampilan sebuah  games ,untuk versi lawas pembuatan gui  semuanya dibuat dengan scripft dari  membuat button (tombol),texture,dll dibuat  dan di kntrol dengan scrift denga menempatkan source code gui di ongui  fungsi seperticontoh   codedibawah



using UnityEngine;
using System.Collections;
public class ExampleClass : MonoBehaviour {
    public Texture btnTexture;
    void OnGUI() {
        if (!btnTexture) {
            Debug.LogError("Please assign a texture on the inspector");
            return;
        }
        if (GUI.Button(new Rect(10, 10, 50, 50), btnTexture))
            Debug.Log("Clicked the button with an image")        
        if (GUI.Button(new Rect(10, 70, 50, 30), "Click"))
            Debug.Log("Clicked the button with text");
        
    }
}

hlumayan rumit dan susah ,dlamkode diatas  terdapat bariskode untuk membuat button  lengkap dengan pengaturan letak  discreen ,dan textur tapi itu lumyan sulit karena kita  harus  mengseting secara  tidak  langsung atua tidak realtime ,  tapi  dengan Sytem UI yg baru  yg terdapat pada unity akan lebih mudah  dilakukan karena adanyasystem ui tersebut.


dengan   system UI  pada  unity terbaru kita dapat  membuat menu dengan tampilan  seperti diatas tidak  kurang   dari 5  menit  sja,bedajauh dengan system   unity sebelumnya .......... bersambung :)


NB: karena tutorial  ini  lumayan panjang saya tidak bisa mempostkanya  skaligus  karena saya  harus  bikin roti dulu hehe. ,sya akan lanjutkan tutorialnya  secepatnya  wasalam.

Yari

Assalamuallaikum perkenalkan saya yari. selamat datang di blog sederhana sya .saya indie developer. I love create game and write about game,game design,create 2D/3D game,reskin ,Terimakasih .