asalamualaikum gamers gimana kabarnya baik ,alhamdulilah kalo baik,ok kali ini sya mu sedikit berbagi ilmu yg sya tau tentang Ui pada unity 3d pada versi 4,6 keatas ,mungkin udah pada tau apa itu UI ( user interpace)
istilahnya sama juga dengan GUi(graphical user Interpace) yaitu antar muka pada sebuah game supayaterjadi interaksi antara pengguna games (user) dengan games contohnya seperti menu awal tampilan sebuah games ,untuk versi lawas pembuatan gui semuanya dibuat dengan scripft dari membuat button (tombol),texture,dll dibuat dan di kntrol dengan scrift denga menempatkan source code gui di ongui fungsi seperticontoh codedibawah
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class ExampleClass : MonoBehaviour {
public Texture btnTexture;
void OnGUI() {
if (!btnTexture) {
Debug.LogError("Please assign a texture on the inspector");
return;
}
if (GUI.Button(new Rect(10, 10, 50, 50), btnTexture))
Debug.Log("Clicked the button with an image")
if (GUI.Button(new Rect(10, 70, 50, 30), "Click"))
Debug.Log("Clicked the button with text");
}
}
hlumayan rumit dan susah ,dlamkode diatas terdapat bariskode untuk membuat button lengkap dengan pengaturan letak discreen ,dan textur tapi itu lumyan sulit karena kita harus mengseting secara tidak langsung atua tidak realtime , tapi dengan Sytem UI yg baru yg terdapat pada unity akan lebih mudah dilakukan karena adanyasystem ui tersebut.
dengan system UI pada unity terbaru kita dapat membuat menu dengan tampilan seperti diatas tidak kurang dari 5 menit sja,bedajauh dengan system unity sebelumnya .......... bersambung :)
NB: karena tutorial ini lumayan panjang saya tidak bisa mempostkanya skaligus karena saya harus bikin roti dulu hehe. ,sya akan lanjutkan tutorialnya secepatnya wasalam.
|
Social Links: